Laman

Sunday, January 27, 2013

a little thing called "Agenda Acara"


Sampai saat ini aku masih berpikir mencatat itu penting tapi paling susah untuk dilakukan. Tetapi, tampaknya bulan Januari ini menjadi waktu taubat annasuha untukku pribadi.



Well, sebagai seorang mahasiswa nggak komplit rasanya tanpa bergelut dalam organisasi. Beberapa organisasi 2 tahun belakangan ini 2 study club dan organisasi relawan yang mampu membuat duniaku berputar 180 derajat. Nggak ada lagi cewek berkacamata duduk manis sambil megang buku atau novel kesukaan di kamar saat sore digelayuti senja, nggak ada lagi cewek berkacamata yang bawel sendiri dalam kamar untuk mengolok-ngolok mata kuliah yang membuat kepalanya berdenyut, nggak ada lagi cewek berkacamata hunting kue bersama kedua sahabatnya hanya untuk menunjukkan sedikit perhatian untuk guru favorit saat januari tiba dan yang paling penting nggak ada lagi cewek berkacamata yang biasanya hang out bareng 2 sobat SMK nya secara rutin sebulan  sekali.

Seperti kalimat pertama yang aku utarakan, catatan kecil itu penting tampaknya benar adanya. Catatan kecil yang bertujuan untuk sekedar mencatat agenda acara pribadi. Anggap saja aku orangnya sembrono, catatan agenda itu sudah lama bergelayut lama dalam pikiranku namun tampaknya ada saja yang membuatku mengatakan “insya Allah aku bisa bagi waktu”. Dan kesombongan kecil itu membuatku menyesal saat ini.

Hanya karena aku tak membuat catatan agenda, akhirnya dapat sms celetukan dari sahabat lama dan akhirnya,,,aku dan mereka dipertemukan dalam keadaan yang nggak menyenangkan sama sekali. Tepat pukul 20.00 wita, sahabatku datang menjemputku. Kami membuat kencan dalam waktu lima menit tepat ketika kakiku tak benar-benar masuk dalam rumah. Rumah sakit yang kami tuju berjarak kurang lebih 3 kilometer dari rumahku. Berita duka melalui pesan singkat itu membuat mataku berkabut.

Sesampainya di rumah sakit itu, tak tergambar kesedihan di wajah cantik sahabatku, yang ada kami bertiga merenung mengapa kita lama nggak ketemu, dan yang paling menyesakkan, hanya tahun ini kami nggak ngerayain ulang tahun guru favorit kami saat SMK, tepatnya bulan januari ini. Well, aku merasakan oksigen hanya terperangkap dalam gelembung kecil yang bernama alveoli dalam paruku tanpa membawa oksigen itu beredar dalam jaringan sebagaimana mestinya. Keadaan ini hanya 1 di antara keadaan menyedihkan di antara segudang bad momment lainnya.

Januari tahun ini tak seperti tahun-tahun kemarin. Januari ini diliputi berita duka untukku. Lama aku tak jumpa dengan sahabatku ini dan akhirnya kami bertemu dalam moment yang sangat menyebalkan yang pernah ada.

Well, aku pribadi nyesek menyadari itu semua. Walau tak dipungkiri berorganisasi memberikan warna tersendiri dalam perjalanan cewek berkacamata dan berbehel ini, namun tampaknya aku harus pintar bagi waktu antara aku, orang lain, sahabat, keluarga maupun organisasi. Walaupun pernah ada celetukan dari seseorang “loe sibuk apa sih?”. Aku benar-benar tak peduli dengan “indikator sibuk itu” apapun saat ini, pokoknya mulai sekarang organisasi bukan menjadi satu-satunya, namun menjadi satu di antara duniaku.

Well, bagi kalian yang suka organisasi atau kalian pribadi yang mempunyai jadwal segudang, nggak ada salahnya meluangkan waktu untuk menulis catatan kecil untuk agenda acara. Tujuannya sih sederhana, agar nggak ada satupun yang terbengkalai. 

No comments:

Post a Comment