Laman

Wednesday, April 17, 2013

Si Asem Lawa' yang Bikin Ngiler

Kalau di Jepang punya kuliner dari ikan mentah seperti Sushi, Sashimi, dll. Kita juga punya Guys! Dan bahkan mungkin karena kurang terpublish makanan ini kurang banyak yang tahu.

Well, Trip kali ini di salah satu kabupaten di Sulawesi Selatan yaitu Kabupaten Bulukumba. Rencana awal sih Pingin melancong saja, ehh nggak nyangka dapat surprise wisata kuliner juga. Kuliner yang satu ini bisa di adu deh dengan Sushi atau Sashimi yang sudah mendunia.




Lawa' atau Lawara' adalah kuliner khas yang bisa di dapatkan di beberapa kabupaten di Sulawesi Selatan seperti Bulukumba, Sinjai, bahkan di Pulau Langkai Makassar. Lawa' terbuat dari ikan mentah yang diasamkan dengan menggunakan cuka atau jeruk nipis. Jadi bisa dibayangkan daging ikan yang masih fresh yang menjadi matang dengan keasaman cuka dan jeruk nipis segar.

Awalnya ragu untuk mencicipi, namun ngeliat si Tuan rumah yang makan dengan lahap dan rasa penasaran yang tak tertangguhkan, akhirnya saya berani mencicipi sesendok Lawa'. Dan...jeng jeng,,,, sesendok ke dua nyusul, begitu pula sesendok ketiga, keempat, dst... Rasa asem yang seger dipadu dengan ikan  yang berbalur kelapa yang mampu membuat Kelenjar Parotis (Kelenjar Liur) bekerja lebih keras.

Jika pingin membandingkan dengan Sushi atau Sashimi yang dijual di Resto-resto Jepang, mungkin si Lawa' ini jauh lebih terjangkau dan menyehatkan. Dan setiap orang bisa kok membuatnya. Hasil dari wawancara kecil dengan si Tuan rumah tempat saya menginap, tak perlu duit ratusan ribu untuk menikmati kelezatan Lawa' ini dan bahkan bahan-bahan yang sangat sederhana.

Saya kasih resepnya deh :)

Kita bisa menggunakan ikan Layang, Tongkol, atau ikan Maero yang dibersihkan isi perutnya dan tulangnya. Jadi yang kita gunakan cukup dagingnya. Lalu lumuri daging dengan cuka dan jeruk nipis secukupnya hingga mengenai seluruh permukaan daging dan berikan garam halus dan bawang putih yang telah dihaluskan. Diamkan 20-30 menit. Kita bisa melihat proses pematangan daging dari perubahan warna yang semula kemerahan menjadi memutih. Sementara itu bakar kelapa muda sebentar saja, lalu parut. Setelah itu, ikan yang telah masak dihaluskan lalu campur dengan kelapa muda bakar hingga merata. Dan Lawa' segar siap untuk disantap :)


2 comments: